Kamis, 16 Juli 2009

Yogyakarta Flu Babi Positif 2 orang

(RSUP Dr Sardjito, Kamis 16/7/09, Pukul 11.30 WIB) ***RSUP Dr Sardjito sejak menangani Flu Babi pertama kali pada 09 Juli 2009 dengan pasien pertama AR (18) sampai saat ini telah mendapatkan 2 orang positif Flu Babi berdasarkan hasil laboratorium Depkes di Jakarta. Tercatat sampai hari ini Kamis (16/7/09) pasien yang sudah dipulangkan sebanyak 5 orang pasien. Dari 5 orang yang dipulangkan, dua orang atas nama AR (18) Pelajar yang melakukan pertukaran pelajar di California AS dan ED (23) WNA asal Australia dinyatakan Positif terkena H1N1. Adapun nama-nama pasien yang telah pulang secara keseluruhan diantaranya AR (18), NV (18), G (18), GS (43) dan ED (23).
Bagi yang dinyatakan positif, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito menghimbau kepada seluruh pasien terutama AR dan ED untuk mengkarantina dirumah sendiri selama satu minggu kedepan, “sebaiknya mereka mengkarantina diri dirumah, sesudah 1 minggu tidak boleh kontak sesudah itu bebas, artinya dirumah masih jaga diri tidak kontak dengan orang lain baik yang dinyatakan hasilnya positif maupun yang negatif.

Sementara itu pasien anak-anak ES (7 th) yang semula diduga Suspec Flu babi ternyata setelah dilakukan pemeriksaan laborat dinyatakan bukan kasus suspect flu babi namun hanya menderita ISPA, sehingga pada rabu 15/7/09 kemarin diperbolehkan pulang.
 
Sampai saat ini yang masih dirawat 5 orang dengan suhu tubuh dibawah 37, “tentunya beberapa hari kedepan saya yakin mereka akan segera dipulangkan” Papar Trisno Heru Nugroho,M.Kes

Dikatakan lebih lanjut untuk dokter yang habis kunjungan dari korea bertambah 1 orang yang dirawat, jadinya saat ini ada 6 dokter yang tinggal dalam perawatan di ruang terpisah, “Kemarin masuk 1 dokter perempuan karena panas, saat ini diisolasi dilain tempat dan mendapatkan tretment supaya teratasi problem kesehatan mereka dari korea, dan hasil tesnya kemungkinan empat hari kedepan “ Paparnya.

Untuk hasil tes para dokter ini, apapun hasilnya akan kita informasikan kepada teman-teman wartawan. Teruntuk pasien yang meskipun sembuh, trisno heru menegaskan, tidak ada perlakukan berbeda, semua yang disuspekkan katanya harus tetap melakukan isolasi dirumah walaupun hasilnya negatif.
 
Dari catatan Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, saat ini berarti total yang diduga Flu Babi sebanyak 11 orang, 6 dokter 5 pasien non dokter. Berikut inisial pasien yang masih dirawat di Kartika sampai Kamis 16/7/09 yaitu ; W (53), AR (20), VS (20), Al (14), Ch 914). (Banu-RS Sardjito).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar