Senin, 31 Mei 2010

Mahasiswa Galang Dana untuk Anak yang Jantungnya Bocor

Senin, 31 Mei 2010 | 13:29 WIB
Besar Kecil Normal

TEMPO Interaktif, Bantul - Puluhan mahasiwa Kabupaten Bantul mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bantul, Senin (31/5). Mereka menuntut para anggota Dewan menekan pemerintah supaya memberikan dana jaminan kesehatan gratis kepada seluruh warga miskin Bantul. Selain itu, mereka juga menggalang dana bantuan untuk Muhammad Zaen Pratama, 6 tahun, yang menderita sakit jantung bocor.

“Masih banyak warga miskin di Bantul yang belum mendapat jaminan kesehatan, kami mendesak anggota Dewan untuk memperjuangkan warga yang belum terjamah oleh jaminan kesehatan,” kata M Azhar, Ketua Ikatan Mahasiswa Bantul, Senin (31/5).

Zaen Pratama merupakan warga miskin yang tidak mendapatkan jaminan kesehatan sosial maupun jaminan kesehatan masyarakat. Orang tua Zaen tidak mampu membiayai operasi jantung di Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito sebesar Rp 40 juta.

Setelah mengajukan dana jaminan kesehatan ke Dinas Sosial, Zen mendapatkan bantuan sebesar Rp 30 juta. Dana tersebut diambilkan dari dana Pelayanan Kesehatan Daerah dan Jaminan Kesehatan Sosial.

Namun di Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito, Zein sudah diperiksa dan siap dioperasi. Sayangnya bangsal kelas III penuh. Sehingga ia masih harus menunggu antrean hingga bangsal kelas ekonomi itu ada yang kosong.

Pihak Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito menyatakan bangsal kelas III memang penuh. Namun saat ini keluarga Zein sudah dihubungi supaya segera dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi.

“Kami sudah menghubungi pihak keluarga, segera saja pasien dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi,” kata Banu Hermawan, staf Humas Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito.

MUH SYAIFULLAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar