MENGENANG PROF. DR. M. SARDJITO, M.D., M.P.H.
(13 Agustus 1889 – 13 Agustus 2010)
“Dengan memberi, seseorang menjadi kaya”
Falsafah hidup Prof. Dr. M. Sardjito, M.D., M.P.H.
Prof. Sardjito lahir pada 13 Agustus 1889 di Desa Purwadadi, Kawedanan Magetan, Karesidenan Madiun, Jawa Timur. Beliau adalah putra pertama dari lima bersaudara. Ayahnya, Pak Sajit, berprofesi sebagai guru.
Pendidikan Sardjito
Sejak usia 6 tahun, Sardjito mulai belajar Al Qur’an. Pada usia ini juga, Sardjito mengawali pendidikan umumnya di Sekolah Rakyat. Pada tahun 1889 keluarga Sardjito pindah ke Lumajang. Di kota ini pula pendidikannya di Sekolah Rakyat diselesaikan pada tahun 1901.
Antara tahun 1901 sampai 1907 Sardjito melanjutkan pendidikannya di sekolah Belanda di Lumajang.
Pada tahun 1907, Sardjito melanjutkan pendidikannya di Stovia (School tot Opleiding voor Indische Artsen), Jakarta. Pada saat itu seniornya di Stovia, Wahidin Sudirohusodo, Sutomo, dll. sedang hangat-hangatnya menyiapkan berdirinya Budi Utomo. Sardjito pun pada saat itu ikut aktif menjadi anggota Budi Utomo.
Pada tahun 1915, Sardjito lulus dari Stovia dengan predikat lulusan terbaik. Setelah lulus dari Stovia, Sardjito bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Jakarta selama satu tahun, kemudian pindah ke Institut Pasteur Jakarta (sekarang Gedung Eyckman) sampai tahun 1920. Seperi diketahui, Institut Pasteur adalah laboratorium riset paling terkemuka di belahan bumi selatan, yang menghasilkan hadiah Nobel bagi Eyckman, penemu penyakit beri-beri dan vitamin B1. Karena itu, jiwa peneliti Sardjito ikut terbangun disini. Salah satu contohnya adalah pada tahun 1918 sampai dengan 1919 Sardjito mengikuti tim penelitian khusus influenza di Institut Pasteur. Saat itu influenza menjadi momok masyarakat dunia dengan pandemi influenza. Influenza ini adalah penyakit pertama yang diteliti oleh Sardjito.
Pada tahun 1920-1922 Sardjito melanjutkan sekolah di Fakultas Kedokteran Universitas Amsterdam, kemudian pada tahun 1922-1923 pindah ke Universitas Leiden untuk belajar lebih intensif mengenai penyakit tropis.
Pada tahun 1923 Sardjito mendapatkan promosi doktor dari Universitas Leiden, Belanda dengan judul disertasi “Immunisatie tegen Baccilaire Dysenterie door Middle van Bacteriophaag Anti–Dysenterie Shiga–Kruse”. Sebagai promotornya adalah Prof. Dr. PC Flu. (Ada anekdote demikian: kehidupan Prof. Sardjito sangat berhubungan erat dengan “flu”; penelitian pertama dr Sardjito tentang flu, promotor di Leiden oleh Prof. Flu, sebagai penyebab sakit sampai wafat beliau adalah sakit flu).
Setelah lulus doktor, pada tahun 1923 Sardjito melanjutkan pendidikan ke John Hopkins University, Amerika Serikat untuk sekolah hygiene dan mendapat gelar Master of Public Health (MPH) pada tahun 1924.
Didasari oleh jiwa berorganisasi yang tinggi, Sardjito tetap aktif sebagai anggota Budi Utomo. Bahkan pada 1925 menjadi Ketua Budi Utomo Cabang Jakarta. Pada tahun 1926 – 1930, Sardjito menjadi anggota pemerintahan kotapraja dan wakil wethouder Jakarta.
Pada tahun 1931-1932, Sardjito memperoleh kesempatan tugas belajar tentang laboratorium di Reich-Gesundheitant, Berlin, Jerman.
Merintis Karir
Dunia pendidikan dan kedokteran memang telah mendarah daging dalam jiwa seorang Sardjito. Semangat Sardjito dalam kedua bidang ini terlihat dalam perjalanan karirnya berikut ini:
- Pada tahun 1924 sampai dengan 1929, sekembalinya dari Amerika Serikat, Sardjito menjadi dokter Laboratorium Pusat Jakarta.
- Pada tahun 1929 menjadi Asisten Kepala Sekolah Tinggi Kedokteran (GHS/Geneeskundige Hoogeschhoool).
- Pada tahun 1930 menjadi Kepala Laboratorium Makassar.
- 1932-1945 Kepala Laboratorium Semarang. Selama 1932-1942 meneliti lepra sambil menjadi Pemimpin redaksi Medische Brichten ( Berita Ketabiban).
Sardjito dan Sejarah UGM
Pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sardjito diminta untuk mengambil alih Institute Pasteur Bandung. Tugas itu dapat dilaksanakan dengan baik bersama dr. Moh Saleh dkk. Laboratorium ini pada jaman perang dengan Sekutu/Belanda hijrah ke Klaten. Sejak di Bandung, Sardjito juga aktif mendirikan Palang Merah untuk menolong pejuang kemerdekaan. Hal yang sama dilakukan juga di Klaten dan sekitarnya. Untuk pekerjaan itu Sardjito selalu dicari Belanda.
Pada 4 Januari 1946 Ibukota Jakarta pindah Yogyakarta. Pada 24 Januari 1946 di SMT Kotabaru muncul gagasan mendidrikan Balai Perguruan Tinggi, yang diberi nama Gadjah Mada yang bersifat kerakyatan dan swasta. BPT UGM berdiri 17 Februari 1946.
Pada 20 Mei 1949 di Kepatihan Yogyakarta dilangsungkan rapat penggabungan perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten, dan Solo. Pada saat itu Sardjito mewakili perguruan tinggi yang ada di Solo dan Klaten. Karena tidak ada gedung untuk kantor dan ruang kuliah, Sardjito menyatakan untuk memikirkannya terlebih dahulu. Selain itu, pemindahan perguruan tinggi dari Klaten dan Solo memiliki resiko yang tinggi karena pada saat itu masih sering terjadi perang melawan Belanda di wilayah tersebut. Pada akhirnya, Sri Sultan HB IX memberikan tempat di Mangkubumen sebagai tempat untuk perguruan tinggi sehingga pemindahan perguruan tinggi dari Klaten dan Solo yang dikomando oleh Sardjito dapat berjalan lancar.
Pada 1 Nopember 1949 dibuka kompleks Ngasem yang menggunakan lokasi di Kadipaten. Dalam segala keterbatasannya, pada awal berdirinya perguruan tinggi di Yogyakarta menggunakan kamar kereta untuk poliklinik, kamar penjaga untuk laboratorium bakteriologi, kamar-kamar pelayan menjadi laboratorium kimia, rumah sakit darurat dan gedungnya dijadikan laboratorium fisika, dimana kemudian ada elektron mikroskupnya. Bahkan, kandang kuda bisa menjadi rumah sakit. Rumah sakit dari kandang kuda inilah yang menjadi tonggak lahirnya RSUP Sardjito yang megah saat ini.
Peraturan Pemerintah No. 23 tertanggal 16 Desember tahun 1949 menetapkan bahwa perguruan tinggi perlu digabung dan diberi nama Universitas Negeri Gadjah Mada (UNGM). Sardjito terpilih menjadi rektor pertama UNGM, sebutannya pada saat itu adalah Presiden Universiteit. Pada saat dilantik beliau berusia lebih dari 60 tahun.
Meletakkan Kerangka Dasar UGM
Sardjito yang didukung Notonagoro berhasil meletakkan kerangka dasar didirikan UNGM dalam bentuk Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1950. Menurut PP itu Universitas Negeri Gadjah Mada adalah balai nasional ilmu pengetahuan dan kebudayaan, bertugas atas dasar cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub dalam Pancasila, membentuk manusia susila, yang cakap, dan mempunyai keinsyafan bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya.
Sardjito membangun Gedung Pusat UGM sejak tahun 1951-1959. Sepanjang Sardjito menjadi Rektor, terdapat 3 gelar doktor Honoris causa yang diberikan UGM, yaitu kepada Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara.
Penelitian
Sebagai dokter yang sejak muda tergembleng di Laboratorium yang terdepan dijamannya, maka semangat meneliti Sardjito sangat besar. Selain influenza, baksiler disenteri, lepra, juga meneliti dan menemukan obat batu ginjal dari bahan Sonchus Avensis L ( tempuyung) yang terkenal dengan calcusol. Khusus untuk penemuan ini Dr Sardjito berpesan “...tidak boleh menjual obat ini mahal-mahal. Obat ini untuk rakyat. Banyak rakyat yng menderita penyakit batu ginjal. Kasihan kalau mereka harus operasi.”
Pada saat perang revolusi kemerdekaan, dalam suasa embargo, Sardjito mampu membuat vaksin anti penyakit infeksi seperti tyfus, kolera, dysenteri, stafilokoken, streptokoken, dll. Bahkan pada saat itu Sardjito mampu membuat tablet makanan yang berisi cukup kalori, protein, dan vitamin yang dapat dipergunakan oleh tentara di garis depan pertempuran.
Tulisan atau karya lain Sardjito diluar bidang kedokteran adalah di bidang paleoanthropologi dan seni pahat.
Penghargaan
Sardjito menjadi Rektor UGM sejak 1949-1961. Selain menjadi rektor UGM, beliau juga pernah menjabat sebagai Rektor UII pada tahun 1964, menjadi anggota MPRS pada tahun 1967, dan anggota Dewan Pertimbangan Agung pada tahun 1968. Banyak penghargaan, baik level nasional maupun internasional, bagi sosok Founding Father UGM ini. Selain penghargaan Bintang Keilmuan dari Uni Soviet pada tahun 1960, pada tahun 1961 Sardjito menerima penghargaan Bintang Satya Lencana Peringatan Perjuangan Kemerdekaan dan Bintang Satya Lencana Karya Satya, dan pada tahun 1973 mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Tingkat II secara anumerta.
Pribadi Sardjito
Rektor pertama UGM ini adalah penggemar seni, wayang, permainan biola dan gong, seni pahat dan seni lukis, dan untuk olah raga beliau memilih tenis.
Sifat khas yang dimiliki Sardjito:
1. Lemah lembut, tutur bahasanya lembut menghormat. Sabar banget dengan mahasiswa, baru bisa marah kalau mahasiswanya gebleg banget dan bisa berkata “Saudara kurang ajar” ( maksudnya kurang mendapat ajaran atau kurang belajar).
2. Sederhana dan suka menolong.
3. Memberi lebih baik dari pada meminta.
4. Peneliti yang tekun dan pantang menyerah.
Makanan favorit dari Sardjito adalah sayur-sayuran dan telur. Acara rutin pagi hari dari Rektor pertama UGM ini adalah membaca buku, solat Subuh kemudian dilanjutkan membaca koran pagi sambil sarapan pagi berupa roti, susu, dan buah.
Sardjito meninggal pada Selasa, 5 Mei 1970.
“Profesor Sardjito telah memberikan kemampuannya dan jasa-jasanya selama hidupnya, dan dengan demikian, jiwa beliau bertambah kaya...”
Prof. Ir. Herman Johannes
Senin, 02 Agustus 2010
Senin, 26 Juli 2010
Jurnalis Yogya akan Divaksin Hepatitis B
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Dunia, vaksinasi hepatitis B secara gratis akan diberikan bagi wartawan di DI Yogyakarta. Vaksinasi akan digelar di RSUP Dr Sardjito, Rabu (28/7).
''Kami menargetkan ada 50 wartawan yang divaksinasi hepatitis B. Karena wartawan aktivitasnya sangat tinggi dan berinteraksi dengan semua orang sehingga termasuk kelompok berisiko tinggi dan sangat rentan terhadap penularan hepatitis B,'' ujar Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho pada Republika, di ruang kerjanya, Rabu (26/7).
Vaksinasi hepatitis B ini harus dilakukan sebanyak tiga kali agar diperoleh kekebalan di dalam tubuh, yaitu vaksinasi kedua dilakukan sebulan setelah vaksinasi pertama, vaksinasi ketiga dilakukan tiga bulan setelah vaksinasi kedua. Biayanya untuk tiga kali vaksinasi tersebut diperkirakan sekitar Rp 450 ribu.
Namun dalam rangka peringatan Hari Hepatitis Dunia, wartawan akan digratiskan selama tiga kali vaksinasi. ''Karena itu bagi wartawan yang berminat bisa mendaftarkan ke Humas hingga sehari sebelum dilakukan vaksinasi, Selasa, (27/7),'' kata Heru menambahkan.
Pada Puncak Peringatan Hari Hepatitis Dunia yang dipusatkan di RSUP Dr Sardjito ini juga akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan Dr Endang Rahayu Sedyaningsih. Dia akan melakukan vaksinasi kepada salah satu bayi yang baru lahir di RSUP Dr Sardjito. ''Pada bayi yang lahir di RSUP Dr Sardjito pada Rabu (28/7) juga akan mendapatkan vaksinasi hepatitis B secara gratis,'' jelas Heru.
Republika OnLine » Breaking News » Nusantara
Senin, 26 Juli 2010, 14:47 WIB
Smaller Reset Larger
''Kami menargetkan ada 50 wartawan yang divaksinasi hepatitis B. Karena wartawan aktivitasnya sangat tinggi dan berinteraksi dengan semua orang sehingga termasuk kelompok berisiko tinggi dan sangat rentan terhadap penularan hepatitis B,'' ujar Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho pada Republika, di ruang kerjanya, Rabu (26/7).
Vaksinasi hepatitis B ini harus dilakukan sebanyak tiga kali agar diperoleh kekebalan di dalam tubuh, yaitu vaksinasi kedua dilakukan sebulan setelah vaksinasi pertama, vaksinasi ketiga dilakukan tiga bulan setelah vaksinasi kedua. Biayanya untuk tiga kali vaksinasi tersebut diperkirakan sekitar Rp 450 ribu.
Namun dalam rangka peringatan Hari Hepatitis Dunia, wartawan akan digratiskan selama tiga kali vaksinasi. ''Karena itu bagi wartawan yang berminat bisa mendaftarkan ke Humas hingga sehari sebelum dilakukan vaksinasi, Selasa, (27/7),'' kata Heru menambahkan.
Pada Puncak Peringatan Hari Hepatitis Dunia yang dipusatkan di RSUP Dr Sardjito ini juga akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan Dr Endang Rahayu Sedyaningsih. Dia akan melakukan vaksinasi kepada salah satu bayi yang baru lahir di RSUP Dr Sardjito. ''Pada bayi yang lahir di RSUP Dr Sardjito pada Rabu (28/7) juga akan mendapatkan vaksinasi hepatitis B secara gratis,'' jelas Heru.
Republika OnLine » Breaking News » Nusantara
Senin, 26 Juli 2010, 14:47 WIB
Smaller Reset Larger
Sabtu, 24 Juli 2010
Mengupas Tanggungjawab Hukum RS Jejaring Pendidikan
Dunia kedokteran di Indonesia dimasa globalisasi ini perkembangannya kian melaju pesat. Banyak dokter tercetak dari keberadaan rumah sakit pendidikan. Bertahun dijadikan tempat belajar ribuan dokter, ternyata masih banyak RS Pendidikan menyimpan berbagai masalah. Tak pelak tanggungjawab hukum sebagai rumah sakit yang merupakan tulang punggung pendidikan dokter umum (S1), dokter spesialis (Sp.I), dan dokter spesialis konsultan (Sp.II) yang sebagian terkonsep sebagai RS Jejaring pendidikan, ternyata terus menjadi sorotan dan perdebatan karena tanggungjawab hukum yang masih sumir terus membayanginya.
Benturan-benturan kebijaksanaan dan kepentingan di RS Pendidikan akibat beragamnya status kepegawaian di antara dokter pendidik, pembimbing, dan penguji juga turut mewarnai kompleknya permasalahan. Selain itu RS Pendidikan yang satu sisi padat modal, padat karya dan padat teknologi tak lepas diiringi dengan padat konflik etikolegal, padat pemborosan dan padat ‘penggembosan’ & monopoli profesi.
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu penyumbang terbanyak lulusan tenaga dokter di Indonesia dalam upaya melakukan perbaikan, pengembangan dan inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Dokter dan Spesialis juga mengalami benturan terkait terbatasnya lahan pendidikan berupa rumah sakit dan puskesmas. Tiga rumah sakit besar yang telah dijadikan sebagai lahan pendidikan utama diantaranya RSUP Dr Sardjito, RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten dan RSUD Banyumas ternyata masih dirasa belum mencukupi sebagai lahan pendidikan.
Langkah lain FK UGM dalam membuat jejaring pendidikan dilakukan dengan ikatan MOU walaupun beberapa diantaranya telah berakhir, antara lain dengan RSUD Saras Husada Purworejo, RSUD Kab. Banjarnegara Jateng, RS Bethesda Yogya, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, RSUD Cilacap, RSUD Wates, RSUD Kota Yogya, RS Yap, dan RS Tidar Magelang. Tujuan MOU diantaranya meningkatkan pengalaman dan ketrampilan peserta Program Pendidikan, meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan RSUD yang merupakan Rumah Sakit dan meningkatkan jaringan system rujukan (referal system) pelayanan kesehatan.
Peran yang begitu strategis pada rumah sakit pendidikan, menurut UU No 14 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pada pasal 23 ayat 1 disebutkan bahwa rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan profesi kedokteran, pendidikan kedokteran berkelanjutan, dan pendidikan tenaga kesehatan lainnya. Sehingga dalam penyelenggaraannya, pada ayat 2 Pasal 23 UU RS ditegaskan pula bahwa RS Pendidikan dapat membentuk rumah sakit jejaring pendidikan. Sejalan dengan pembentukan RS Jejaring pendidikan, pada pasal 41 UU RS juga menekankan bahwa pemerintah dan asosiasi RS dapat membentuk jejaring dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, dan jejaring yang dimaksudkan meliputi jejaring informasi, sarana prasarana, pelayanan, rujukan, penyediaan alat, dan pendidikan tenaga.
Dengan demikian RS Pendidikan sedikitnya memiliki empat fungsi, yakni yang utama sebagai pusat layanan kesehatan rujukan, sekaligus menjadi tempat pendidikan, penelitian, dan sebagai tempat penapisan teknologi kedokteran. Maka tak heran bila rumah sakit pendidikan seharusnya memang lebih unggul dibandingkan rumah sakit lain non pendidikan.
RS Pendidikan sendiri dalam jejaringnya diklasifikasikan menjadi 3 katagori yaitu RS Pendidikan Utama, RS Pendidikan Afiliasi dan RS Pendidikan Satelit. Untuk mengklasifikasikan RS Pendidikan ada persyaratan pokok yang harus dipenuhi terutama terkait akreditasi RS Pendidikan. Untuk menjadi RS Pendidikan utama syaratnya harus telah terakreditasi 16 pelayanan dengan sertifikasi masih berlaku, sedang untuk RS Pendidikan Afiliasi maka harus terakreditasi untuk 12 pelayanan, dan sebagai RS Satelit maka diwajibkan telah terakreditasi 5 pelayanan.
Dalam penelitian terhadap rumah sakit pendidikan yang dilakukan Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Departemen Kesehatan, tahun 2003, sedikit memberikan gambaran yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 Fakultas Kedokteran Negeri dan 19 Fakultas Kedokteran Swasta. Respon ratenya hampir 100 persen.
Hasil penelitian, seperti disampaikan Ditjen Yan Medik Dr. Farid W. Husein, menunjukkan ada beberapa masalah di rumah sakit pendidikan yang potensial menimbulkan masalah hukum. Antara lain, jumlah ko-as yang terlalu banyak di satu rumah sakit pendidikan sementara rasio dosen dan mahasiswa belum ada pola yang baku. Selain itu sebagian besar FK tidak menempatkan dosen khusus di rumah sakit pendidikan. FK lebih mengandalkan dokter di rumah sakit setempat untuk menjadi tenaga pengajar.( Majalah Farmacia ,April 2006)
Melihat fakta yang ada, sebenarnya dapat kita cermati bersama bahwa dalam pasal 6 Permenkes No. 512 tahun 2007 tentang ijin praktik dan pelaksanaan praktik kedokteran, diatur beberapa hal diantaranya ;
1. SIP bagi dokter dan dokter gigi sebagai pendidik yang melakukan praktik kedokteran dan kedokteran gigi pada RS Pendidikan, berlaku juga untuk melakukan proses pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi di RS Pendidikan lainnya dan atau rumah sakit atau sarana pelayanan pelayanan kesehatan lainnya yang dijadikan sebagai jejaring pendidikan.
2. Penetapan sebagai RS Pendidikan, standar RS Pendidikan dan standar RS atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan sebagai tercantum pada ayat 1 ditetapkan dengan Keputusan Menteri berdasarkan standar RS sebagai tempat pendidikan.
3. RS atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan ditetapkan melalui kerjasama Dekan FK atau Dekan FKG dengan RS Pendidikan sebagai tempat pendidikan.
4. Dekan FK/FKG wajib melaporkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota mengenai kerjasama tersebut.
Dari pasal 6 Permenkes No. 512 tahun 2007 maka SIP dr/drg pendidik tidak masuk dalam “syndrome 3 TP” ( Tiga Tempat Praktik) seperti yang digariskan dalam UUPK Pasal 37 ayat 2, artinya selama masih menjadi pendidik maka bisa melakukan praktik di RS Jejaringnya walau telah melampaui 3 tempat. Selain itu RS Pendidikan harus memiliki SK Menteri yang menunjuk sebagai RS Pendidikan. Dan disempurnakan dengan keharusan ada MOU antara FK/FKG dengan RS Pendidikan sebagai RS Jejaring Pendidikan yang wajib diketahui Kepala Daerah setempat. Hal ini diperkuat dengan keluarnya Surat Edaran dari Menteri Kesehatan no. 725/2007 yang mewajibkan Dekan FK/FKG untuk melaporkan kerjasama yang dibuat dengan RS Pendidikan kepada Kepala Dinas Kesehatan kabupaten / kota dengan tembusan Menteri Kesehatan.
Tanggungjawab lain yang melekat pada Institusi pendidikan dalam melaksanakan RS Jejaring jika melihat UU No. 29 tahun 2004 (UUPK) pasal 26 maka Institusi pendidikan mempunyai kewajiban untuk berkoordinasi dengan organisasi profesi, kolegium, asosiasi RS Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kementrian Kesehatan, Asosiasi institusi pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi untuk menyusun standar pendidikan profesi kedokteran dan kedokteran gigi, standar pendidikan profesi dokter spesialis dan atau dokter gigi spesialis.
Lebih jauh tanggungjawab Institusi Pendidikan dalam Pasal 6 ayat 3 Permenkes 512 tahun 2007, mewajibkan Dekan FK dan atau FKG untuk menuangkan kerjasama dengan RS Pendidikan berdasarkan standar rumah sakit sebagai tempat pendidikan, dan menetapkan rumah sakit atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan.
Tak kalah penting mengenai kewajiban institusi pendidikan dalam hal ini Dekan FK/FKG berdasarkan surat persetujuan dari Konsil Kedokteran Indonesia pada saat awal pendidikan PPDS/PPDGS dilaksanakan, maka sebelum melakukan pendidikan dan pelayanan kedokteran pada RS Jejaring terlebih dahulu harus memberitahukan peserta didik baik nama, jadwal, dan tahap pendidikan ke Kepala Dinas Kesehatan kabupaten / kota tempat RS Jejaring berada (pasal 7 ayat 1 Permenkes 512 tahun 2007). Penegasan lain pada pasal 11 Permenkes 512 tahun 2007 turut diatur suatu kewajiban bahwa Dr/Drg di RS Pendidikan dan sarana kesehatan jejaringnya, dalam melaksanakan tugas mendidik dapat memberikan pembimbingan/pelaksanaan/pengawasan untuk melakukan tindakan kedokteran/kedokteran gigi kepada peserta didik tersebut untuk melakukan pelayanan medis kepada pasien di bawah pengawasan dan tanggungjawab pembimbingnya.
Namun lain halnya untuk kewajiban hukum bagi RS Jejaring pendidikan, pada pasal 42 UUPK hal yang harus dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban hukumnya secara umum adalah bahwa RS Jejaring Pendidikan wajib melarang dokter atau dokter gigi yang tidak memiliki surat ijin praktik untuk melakukan praktik kedokteran di sarana pelayanan kesehatan yang dipimpinnya. Serta wajib membuat daftar dokter atau dokter gigi yang melakukan praktik kedokteran disarana RS Jejaring yang dipimpinnya dan menempatkannya pada suatu tempat yang mudah dilihat.(Psl 41 ayat 2 UUPK dan Psl 16 Permenkes 512 th 2007).
Kemudian jika ada kesalahan medis yang ditimbulkan oleh peserta didik, semestinya siapa yang harus bertanggung jawab. Pada posisi ini kebanyakan terjadi saling lempar tanggungjawab, namun prinsip utama sebelum melihat pertanggungjawaban hukum maka perlu di cermati terlebih dahulu legalitas dari PPDS. Legalitas yang ada dibagi 2, secara pribadi dan kolektif. Secara pribadi yang harus diperhatikan yaitu terdaftarnya peserta didik dengan dibuktikan kepemilikan kartu mahasiswa atau tanda peserta PPDS dari Universitas yang sah, dan Kartu Tanda Anggota IDI kota tempat Universitas tersebut.
Secara kolektif maka yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Ketua Program Studi (KPS) sesuai tahapan, surat keterangan Dekan terkait residen senior atau mandiri, ada tidaknya surat tugas KPS untuk melakukan kunjungan ke RS Jejaring Pendidikan dan terakhir ada atau tidak surat keterangan dari Direktur RS Jejaring Pendidikan tentang kewenangan klinik yang dimilikinya. Dalam hal pemberian SK ini maka secara hukum direktur dapat berarti respondeat superior yaitu ikut tanggungrenteng jika terjadi resiko medis yang dilakukan PPDS.
Legalitas PPDS tersebut tentu saja sangat di utamakan untuk mengurai pertanggungjawaban hukum yang ada dalam menjalankan praktik kedokteran. Bila legalitas secara pribadi dan kolektif terpenuhi maka tanggungjawab peserta didik yang melakukan kesalahan/kecelakaan medis saat melaksanakan praktik kedokteran pada RS jejaring maka respondeat superior berlaku yaitu tanggungrenteng berlaku mulai dari pembuat kesalahan, dosen pembimbing, direktur RS dan Dekan, disini semua lini bertanggungjawab karena kesalahan Peserta Didik dalam menjalankan praktik kedokteran. Sehinbgga pada dasarnya semua lini harus bertanggungjawab secara tanggungrenteng. (*Banu : Sekretaris Komite Hukum RSUP Dr Sardjito, diambil dari berbagai sumber)
Benturan-benturan kebijaksanaan dan kepentingan di RS Pendidikan akibat beragamnya status kepegawaian di antara dokter pendidik, pembimbing, dan penguji juga turut mewarnai kompleknya permasalahan. Selain itu RS Pendidikan yang satu sisi padat modal, padat karya dan padat teknologi tak lepas diiringi dengan padat konflik etikolegal, padat pemborosan dan padat ‘penggembosan’ & monopoli profesi.
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu penyumbang terbanyak lulusan tenaga dokter di Indonesia dalam upaya melakukan perbaikan, pengembangan dan inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Dokter dan Spesialis juga mengalami benturan terkait terbatasnya lahan pendidikan berupa rumah sakit dan puskesmas. Tiga rumah sakit besar yang telah dijadikan sebagai lahan pendidikan utama diantaranya RSUP Dr Sardjito, RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten dan RSUD Banyumas ternyata masih dirasa belum mencukupi sebagai lahan pendidikan.
Langkah lain FK UGM dalam membuat jejaring pendidikan dilakukan dengan ikatan MOU walaupun beberapa diantaranya telah berakhir, antara lain dengan RSUD Saras Husada Purworejo, RSUD Kab. Banjarnegara Jateng, RS Bethesda Yogya, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, RSUD Cilacap, RSUD Wates, RSUD Kota Yogya, RS Yap, dan RS Tidar Magelang. Tujuan MOU diantaranya meningkatkan pengalaman dan ketrampilan peserta Program Pendidikan, meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan RSUD yang merupakan Rumah Sakit dan meningkatkan jaringan system rujukan (referal system) pelayanan kesehatan.
Peran yang begitu strategis pada rumah sakit pendidikan, menurut UU No 14 tahun 2009 tentang Rumah Sakit pada pasal 23 ayat 1 disebutkan bahwa rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan profesi kedokteran, pendidikan kedokteran berkelanjutan, dan pendidikan tenaga kesehatan lainnya. Sehingga dalam penyelenggaraannya, pada ayat 2 Pasal 23 UU RS ditegaskan pula bahwa RS Pendidikan dapat membentuk rumah sakit jejaring pendidikan. Sejalan dengan pembentukan RS Jejaring pendidikan, pada pasal 41 UU RS juga menekankan bahwa pemerintah dan asosiasi RS dapat membentuk jejaring dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, dan jejaring yang dimaksudkan meliputi jejaring informasi, sarana prasarana, pelayanan, rujukan, penyediaan alat, dan pendidikan tenaga.
Dengan demikian RS Pendidikan sedikitnya memiliki empat fungsi, yakni yang utama sebagai pusat layanan kesehatan rujukan, sekaligus menjadi tempat pendidikan, penelitian, dan sebagai tempat penapisan teknologi kedokteran. Maka tak heran bila rumah sakit pendidikan seharusnya memang lebih unggul dibandingkan rumah sakit lain non pendidikan.
RS Pendidikan sendiri dalam jejaringnya diklasifikasikan menjadi 3 katagori yaitu RS Pendidikan Utama, RS Pendidikan Afiliasi dan RS Pendidikan Satelit. Untuk mengklasifikasikan RS Pendidikan ada persyaratan pokok yang harus dipenuhi terutama terkait akreditasi RS Pendidikan. Untuk menjadi RS Pendidikan utama syaratnya harus telah terakreditasi 16 pelayanan dengan sertifikasi masih berlaku, sedang untuk RS Pendidikan Afiliasi maka harus terakreditasi untuk 12 pelayanan, dan sebagai RS Satelit maka diwajibkan telah terakreditasi 5 pelayanan.
Dalam penelitian terhadap rumah sakit pendidikan yang dilakukan Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Departemen Kesehatan, tahun 2003, sedikit memberikan gambaran yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 Fakultas Kedokteran Negeri dan 19 Fakultas Kedokteran Swasta. Respon ratenya hampir 100 persen.
Hasil penelitian, seperti disampaikan Ditjen Yan Medik Dr. Farid W. Husein, menunjukkan ada beberapa masalah di rumah sakit pendidikan yang potensial menimbulkan masalah hukum. Antara lain, jumlah ko-as yang terlalu banyak di satu rumah sakit pendidikan sementara rasio dosen dan mahasiswa belum ada pola yang baku. Selain itu sebagian besar FK tidak menempatkan dosen khusus di rumah sakit pendidikan. FK lebih mengandalkan dokter di rumah sakit setempat untuk menjadi tenaga pengajar.( Majalah Farmacia ,April 2006)
Melihat fakta yang ada, sebenarnya dapat kita cermati bersama bahwa dalam pasal 6 Permenkes No. 512 tahun 2007 tentang ijin praktik dan pelaksanaan praktik kedokteran, diatur beberapa hal diantaranya ;
1. SIP bagi dokter dan dokter gigi sebagai pendidik yang melakukan praktik kedokteran dan kedokteran gigi pada RS Pendidikan, berlaku juga untuk melakukan proses pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi di RS Pendidikan lainnya dan atau rumah sakit atau sarana pelayanan pelayanan kesehatan lainnya yang dijadikan sebagai jejaring pendidikan.
2. Penetapan sebagai RS Pendidikan, standar RS Pendidikan dan standar RS atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan sebagai tercantum pada ayat 1 ditetapkan dengan Keputusan Menteri berdasarkan standar RS sebagai tempat pendidikan.
3. RS atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan ditetapkan melalui kerjasama Dekan FK atau Dekan FKG dengan RS Pendidikan sebagai tempat pendidikan.
4. Dekan FK/FKG wajib melaporkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota mengenai kerjasama tersebut.
Dari pasal 6 Permenkes No. 512 tahun 2007 maka SIP dr/drg pendidik tidak masuk dalam “syndrome 3 TP” ( Tiga Tempat Praktik) seperti yang digariskan dalam UUPK Pasal 37 ayat 2, artinya selama masih menjadi pendidik maka bisa melakukan praktik di RS Jejaringnya walau telah melampaui 3 tempat. Selain itu RS Pendidikan harus memiliki SK Menteri yang menunjuk sebagai RS Pendidikan. Dan disempurnakan dengan keharusan ada MOU antara FK/FKG dengan RS Pendidikan sebagai RS Jejaring Pendidikan yang wajib diketahui Kepala Daerah setempat. Hal ini diperkuat dengan keluarnya Surat Edaran dari Menteri Kesehatan no. 725/2007 yang mewajibkan Dekan FK/FKG untuk melaporkan kerjasama yang dibuat dengan RS Pendidikan kepada Kepala Dinas Kesehatan kabupaten / kota dengan tembusan Menteri Kesehatan.
Tanggungjawab lain yang melekat pada Institusi pendidikan dalam melaksanakan RS Jejaring jika melihat UU No. 29 tahun 2004 (UUPK) pasal 26 maka Institusi pendidikan mempunyai kewajiban untuk berkoordinasi dengan organisasi profesi, kolegium, asosiasi RS Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kementrian Kesehatan, Asosiasi institusi pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi untuk menyusun standar pendidikan profesi kedokteran dan kedokteran gigi, standar pendidikan profesi dokter spesialis dan atau dokter gigi spesialis.
Lebih jauh tanggungjawab Institusi Pendidikan dalam Pasal 6 ayat 3 Permenkes 512 tahun 2007, mewajibkan Dekan FK dan atau FKG untuk menuangkan kerjasama dengan RS Pendidikan berdasarkan standar rumah sakit sebagai tempat pendidikan, dan menetapkan rumah sakit atau sarana pelayanan kesehatan lainnya sebagai jejaring pendidikan.
Tak kalah penting mengenai kewajiban institusi pendidikan dalam hal ini Dekan FK/FKG berdasarkan surat persetujuan dari Konsil Kedokteran Indonesia pada saat awal pendidikan PPDS/PPDGS dilaksanakan, maka sebelum melakukan pendidikan dan pelayanan kedokteran pada RS Jejaring terlebih dahulu harus memberitahukan peserta didik baik nama, jadwal, dan tahap pendidikan ke Kepala Dinas Kesehatan kabupaten / kota tempat RS Jejaring berada (pasal 7 ayat 1 Permenkes 512 tahun 2007). Penegasan lain pada pasal 11 Permenkes 512 tahun 2007 turut diatur suatu kewajiban bahwa Dr/Drg di RS Pendidikan dan sarana kesehatan jejaringnya, dalam melaksanakan tugas mendidik dapat memberikan pembimbingan/pelaksanaan/pengawasan untuk melakukan tindakan kedokteran/kedokteran gigi kepada peserta didik tersebut untuk melakukan pelayanan medis kepada pasien di bawah pengawasan dan tanggungjawab pembimbingnya.
Namun lain halnya untuk kewajiban hukum bagi RS Jejaring pendidikan, pada pasal 42 UUPK hal yang harus dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban hukumnya secara umum adalah bahwa RS Jejaring Pendidikan wajib melarang dokter atau dokter gigi yang tidak memiliki surat ijin praktik untuk melakukan praktik kedokteran di sarana pelayanan kesehatan yang dipimpinnya. Serta wajib membuat daftar dokter atau dokter gigi yang melakukan praktik kedokteran disarana RS Jejaring yang dipimpinnya dan menempatkannya pada suatu tempat yang mudah dilihat.(Psl 41 ayat 2 UUPK dan Psl 16 Permenkes 512 th 2007).
Kemudian jika ada kesalahan medis yang ditimbulkan oleh peserta didik, semestinya siapa yang harus bertanggung jawab. Pada posisi ini kebanyakan terjadi saling lempar tanggungjawab, namun prinsip utama sebelum melihat pertanggungjawaban hukum maka perlu di cermati terlebih dahulu legalitas dari PPDS. Legalitas yang ada dibagi 2, secara pribadi dan kolektif. Secara pribadi yang harus diperhatikan yaitu terdaftarnya peserta didik dengan dibuktikan kepemilikan kartu mahasiswa atau tanda peserta PPDS dari Universitas yang sah, dan Kartu Tanda Anggota IDI kota tempat Universitas tersebut.
Secara kolektif maka yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Ketua Program Studi (KPS) sesuai tahapan, surat keterangan Dekan terkait residen senior atau mandiri, ada tidaknya surat tugas KPS untuk melakukan kunjungan ke RS Jejaring Pendidikan dan terakhir ada atau tidak surat keterangan dari Direktur RS Jejaring Pendidikan tentang kewenangan klinik yang dimilikinya. Dalam hal pemberian SK ini maka secara hukum direktur dapat berarti respondeat superior yaitu ikut tanggungrenteng jika terjadi resiko medis yang dilakukan PPDS.
Legalitas PPDS tersebut tentu saja sangat di utamakan untuk mengurai pertanggungjawaban hukum yang ada dalam menjalankan praktik kedokteran. Bila legalitas secara pribadi dan kolektif terpenuhi maka tanggungjawab peserta didik yang melakukan kesalahan/kecelakaan medis saat melaksanakan praktik kedokteran pada RS jejaring maka respondeat superior berlaku yaitu tanggungrenteng berlaku mulai dari pembuat kesalahan, dosen pembimbing, direktur RS dan Dekan, disini semua lini bertanggungjawab karena kesalahan Peserta Didik dalam menjalankan praktik kedokteran. Sehinbgga pada dasarnya semua lini harus bertanggungjawab secara tanggungrenteng. (*Banu : Sekretaris Komite Hukum RSUP Dr Sardjito, diambil dari berbagai sumber)
Penyakit Jantung Naik 10 % per Tahun Pada Wanita Sulit Dideteksi
Serangan jantung, pernahkah anda membayangkan jika kejadian ini menimpa anda ? tentu sangat menakutkan. Penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini memang perlu diwaspadai bagi siapa saja. Di Yogyakarta, dimana RSUP Dr Sardjito sebagai pusat pelayanan jantung terpadu berada, ternyata angka penderitanya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Peningkatan penderita sakit jantung mencapai angka 5 – 10 persen pertahun. “Kami menerima rujukan 500 – 550 setahunnya, bahkan pada tahun 2009 kemarin sempat mencapai 1.077 orang,” papar Kepala Instalasi Rawat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito dr. Lucia Kris Dinarti,Sp.PD.,Sp.JP (K) saat berbincang dengan EFKAGAMA selasa, 13 Juli 2010 sebelum diselenggarakannya Jogja Cardiology Update 2010 tanggal 15 s.d 17 Juli 2010 di Hotel Ina Garuda dengan sentral tema Women and Cardiovascular Disease, dan menyongsong seminar awam serangan jantung pada tanggal 24 Juli 2010 yang menghadirkan pembicara diantaranya Butet Kartarajasa untuk bercerita tentang keadaan terkena serangan jantung.
Kematian yang terjadi pada serangan jantung, dari total 1.077 pasien tersebut terdapat 9,3 persen atau 29 orang meninggal dalam waktu kurang dari 24 jam di rawat. Sedangkan 43 pasien lainnya meninggal dunia setelah 24 jam ditolong. Sebagian besar kematian terjadi pada penderita yang terlambat dibawa ke rumah sakit. Jumlah ini meningkat 15 persen dibandingkan lima tahun lalu.
Sejauh ini, pasien penyakit jantung masih didominasi pria, dengan presentasi 70 persen pria dan 30 persen perempuan. Penyakit jantung pada perempuan belum banyak diungkap dan sulit dideteksi. “Untuk kasus jantung koroner pada wanita sulit dideteksi karena wanita seringkali tidak menampakkan keluhannya sehingga lebih susah untuk didiagnosa,” jelas dr. Kris Dinarti.
Kemunculan penyakit jantung pada laki-laki akan lebih cepat muncul dibanding wanita. Kalau laki-laki, resiko penyakit jantung muncul pada usia 40 tahun, sedangkan pada wanita 10 tahun lebih lambat atau sekitar usia 50 tahun keatas atau pada masa menopause.
Pada kesempatan yang sama, dr. Irsad Andi Arso,Sp.PD menambahkan bahwa masih banyak warga yang tidak mengenali tanda-tanda serangan jantung seperti nyeri dada, sakit ulu hati, dan keringat dingin. Gejala-gejala ini kerap dianggap sebagai masuk angin atau angin duduk. “Karena dianggap penyakit ringan, penderita biasanya tidak langsung dibawa ke rumah sakit tapi dirawat biasa dengan cara tradisional baik dipijit maupun dikeroki,”katanya.
Menurut Irsad,idealnya pertolongan diberikan kurang dari enam jam setelah serangan jantung atau setidak-tidaknya kurang dari 12 jam setelah serangan jantung. Kondisi di Indonesia jauh berbeda dengan singapura. Sebanyak 89 persen penderita serangan jantung di Singapura dibawa ke rumah sakit kurang dari 12 jam setelah serangan, sehingga banyak yang terselamatkan.(*Banu)
Peningkatan penderita sakit jantung mencapai angka 5 – 10 persen pertahun. “Kami menerima rujukan 500 – 550 setahunnya, bahkan pada tahun 2009 kemarin sempat mencapai 1.077 orang,” papar Kepala Instalasi Rawat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito dr. Lucia Kris Dinarti,Sp.PD.,Sp.JP (K) saat berbincang dengan EFKAGAMA selasa, 13 Juli 2010 sebelum diselenggarakannya Jogja Cardiology Update 2010 tanggal 15 s.d 17 Juli 2010 di Hotel Ina Garuda dengan sentral tema Women and Cardiovascular Disease, dan menyongsong seminar awam serangan jantung pada tanggal 24 Juli 2010 yang menghadirkan pembicara diantaranya Butet Kartarajasa untuk bercerita tentang keadaan terkena serangan jantung.
Kematian yang terjadi pada serangan jantung, dari total 1.077 pasien tersebut terdapat 9,3 persen atau 29 orang meninggal dalam waktu kurang dari 24 jam di rawat. Sedangkan 43 pasien lainnya meninggal dunia setelah 24 jam ditolong. Sebagian besar kematian terjadi pada penderita yang terlambat dibawa ke rumah sakit. Jumlah ini meningkat 15 persen dibandingkan lima tahun lalu.
Sejauh ini, pasien penyakit jantung masih didominasi pria, dengan presentasi 70 persen pria dan 30 persen perempuan. Penyakit jantung pada perempuan belum banyak diungkap dan sulit dideteksi. “Untuk kasus jantung koroner pada wanita sulit dideteksi karena wanita seringkali tidak menampakkan keluhannya sehingga lebih susah untuk didiagnosa,” jelas dr. Kris Dinarti.
Kemunculan penyakit jantung pada laki-laki akan lebih cepat muncul dibanding wanita. Kalau laki-laki, resiko penyakit jantung muncul pada usia 40 tahun, sedangkan pada wanita 10 tahun lebih lambat atau sekitar usia 50 tahun keatas atau pada masa menopause.
Pada kesempatan yang sama, dr. Irsad Andi Arso,Sp.PD menambahkan bahwa masih banyak warga yang tidak mengenali tanda-tanda serangan jantung seperti nyeri dada, sakit ulu hati, dan keringat dingin. Gejala-gejala ini kerap dianggap sebagai masuk angin atau angin duduk. “Karena dianggap penyakit ringan, penderita biasanya tidak langsung dibawa ke rumah sakit tapi dirawat biasa dengan cara tradisional baik dipijit maupun dikeroki,”katanya.
Menurut Irsad,idealnya pertolongan diberikan kurang dari enam jam setelah serangan jantung atau setidak-tidaknya kurang dari 12 jam setelah serangan jantung. Kondisi di Indonesia jauh berbeda dengan singapura. Sebanyak 89 persen penderita serangan jantung di Singapura dibawa ke rumah sakit kurang dari 12 jam setelah serangan, sehingga banyak yang terselamatkan.(*Banu)
Kamis, 08 Juli 2010
ESQ Ary Ginanjar di "Serang" MUFTI Malaysia
MUFTI MALAYSIA Menfatwa Sesat ESQ Ary Ginanjar
Jakarta - Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) milik Ary Ginanjar Agustian sangat terkenal di Indonesia. Namun Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Malaysia menilai ESQ Ary melenceng dari ajaran-ajaran agama Islam.
Menurut Wikipedia, Wilayah Persekutuan meliputi Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan. Inilah fatwa lengkap soal ESQ Ary yang dikutip dari situs www.muftiwp.gov.my:
'Fatwa Berkenaan dengan Kursus ESQ Leadership Training dan Fahaman yang Seumpama Dengannya'
(a) ajaran, pegangan dan fahaman yang dibawa oleh ESQ Leadership Training anjuran Ary Ginanjar Agustian dan apa-apa ajaran yang seumpama dengannya adalah menyeleweng daripada ajaran Islam kerana mengandungi ajaran-ajaran yang boleh merosakkan akidah dan syariah Islam. Ciri-ciri penyelewengan tersebut adalah seperti yang berikut:
i. mendukung fahaman liberalisme iaitu memahami atau mentafsir nas-nas agama (Al-Quran dan As-Sunnah) secara bebas, dan fahaman pluralisme-agama iaitu fahaman yang mengajarkan semua agama adalah sama dan benar. Kedua-dua fahaman ini adalah sesat dan boleh membawa kepada kekufuran.
ii. mendakwa bahawa para Nabi mencapai kebenaran melalui pengalaman dan pencarian. Ini bercanggah dengan akidah Islam tentang Nabi dan Rasul. Menurut akidah ahli Sunnah Wal Jamaah, kenabian dan kerasulan adalah pilihan Allah s.w.t semata-mata (al-Isthifaiyyah), dan bukan sesuatu yang boleh diusahakan (al-Kasbiyyah).
iii. mencampuradukkan ajaran kerohanian bukan Islam dengan ajaran Islam, 'SQ' adalah hasil penemuan seorang Yahudi, Danah Zohar, manakala 'God Spot' adalah hasil kajian seorang Hindu VS Ramachandran. Kedua-dua penemuan ini disahkan dengan ayat Al-Quran (Al-Hajj, ayat 46).
iv. menekanan konsep 'suara hati' atau 'conscience' sebagai sumber rujukan utama dalam menentukan baik dan buruk sesuatu perbuatan. Konsep suara hati adalah ajaran paling suci dalam agama Kristiani. The Oxford Dictionary of World Religion menyebut 'In the main forms og Christianity, conscience is the absolutely inviolable and sacrosanct center of the person as human as responsible for her or his decisions;. Konsep suara hati juga merupakan ajaran Hindu seperti yang dijelaskan oleh Swami Vivekandanda. Menurut Imam Abu al-Abbas, pendapat demikian adalah zindik dan kufur.
v. menjadikan logik sebagai sumber rujukan utama. Ini bertentangan dengan akidah Islam yang menetapkan bahawa Al-Quran dan As-Sunnah sebagai sumber rujukan utama.
vi. mengingkari mukjizat dan menganggapnya tidak dapat diterima oleh akal dan tidak sesuai dengan zaman sekarang yang serba logik. Mengingkari mukjizat adalah kufur dengan ijmak ulamak kerana ia bermakna mengingkari nas-nas Al-Quran dan Hadis Mutawatir yang mensabitkan mukjizat bagi para Nabi a.s .
vii. menggunakan Kod 19 rekaan Rasyad Khalifah untuk mentafsir Al-Quran. Rasyad Khalifah mengaku dirinya sebagai rasul dan membawa agama baru yang dinamakan 'submission'. Teori Kod 19 dianggap lebih tinggi daripada Al-Quran kerana mengikut teori ini, ayat-ayat Al-Quran perlu dibuang atau ditambah bagi menyesuaikan dengan Kod 19.
viii. menyamakan bacaan Al-Fatihah sebanyak 17 kali sehari oleh orang Islam dengan amalan Bushido oleh orang jepun yang berteraskan ajaran Buddha.
ix. mendakwa bahawa kekuatan luar biasa seperti mukjizat boleh berlaku melalui rumus Zero Mind Process (ZMP). Dengan rumusan ZMP ini, ESQ mengiaskan bahawa mukjizat Nabi Musa a.s diselamatkan daripada Fir'aun boleh juga berlaku kepada orang lain seperti yang berlaku kepada juru terbang Kapten Abdul Razak. Kefahaman mukjizat seperti ini, merupakan ajaran agama Hindu seperti yang diterangkan oleh Swami Vivekananda.
x. mentafsirkan makna kalimah syahadah dengan 'triple one'. Ini adalah tafsiran bidaah dan sesat. Dalam konteks akidah, 'triple one' digunakan oleh Kristian untuk menghuraikan konsep trinity. Buku 'Christianity For Dummies', ketika menghuraikan konsep ini menyatakan 'The Trinity: How 1+1+1 Equals 1. Christianity says that God is Trinity - one God expressed in three beings. The term trinity meands: three-oneness.
(b) mana-mana orang hendaklah menjauhi ajaran, pegangan dan fahaman sebagaimana yang dinyatakan dalam perenggan.
Bertarikh 10 Jun 2010 dan ditandatangani oleh Mufti wilayah persekutuan Malaysia, Datuk Hj. Wan Zahidi bin Wan Teh tanggal 10 Juni 2010. (mok/nrl)
Sumber : http://us.detiknews.com/read/2010/07...q-ary-ginanjar
Jakarta - Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) milik Ary Ginanjar Agustian sangat terkenal di Indonesia. Namun Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Malaysia menilai ESQ Ary melenceng dari ajaran-ajaran agama Islam.
Menurut Wikipedia, Wilayah Persekutuan meliputi Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan. Inilah fatwa lengkap soal ESQ Ary yang dikutip dari situs www.muftiwp.gov.my:
'Fatwa Berkenaan dengan Kursus ESQ Leadership Training dan Fahaman yang Seumpama Dengannya'
(a) ajaran, pegangan dan fahaman yang dibawa oleh ESQ Leadership Training anjuran Ary Ginanjar Agustian dan apa-apa ajaran yang seumpama dengannya adalah menyeleweng daripada ajaran Islam kerana mengandungi ajaran-ajaran yang boleh merosakkan akidah dan syariah Islam. Ciri-ciri penyelewengan tersebut adalah seperti yang berikut:
i. mendukung fahaman liberalisme iaitu memahami atau mentafsir nas-nas agama (Al-Quran dan As-Sunnah) secara bebas, dan fahaman pluralisme-agama iaitu fahaman yang mengajarkan semua agama adalah sama dan benar. Kedua-dua fahaman ini adalah sesat dan boleh membawa kepada kekufuran.
ii. mendakwa bahawa para Nabi mencapai kebenaran melalui pengalaman dan pencarian. Ini bercanggah dengan akidah Islam tentang Nabi dan Rasul. Menurut akidah ahli Sunnah Wal Jamaah, kenabian dan kerasulan adalah pilihan Allah s.w.t semata-mata (al-Isthifaiyyah), dan bukan sesuatu yang boleh diusahakan (al-Kasbiyyah).
iii. mencampuradukkan ajaran kerohanian bukan Islam dengan ajaran Islam, 'SQ' adalah hasil penemuan seorang Yahudi, Danah Zohar, manakala 'God Spot' adalah hasil kajian seorang Hindu VS Ramachandran. Kedua-dua penemuan ini disahkan dengan ayat Al-Quran (Al-Hajj, ayat 46).
iv. menekanan konsep 'suara hati' atau 'conscience' sebagai sumber rujukan utama dalam menentukan baik dan buruk sesuatu perbuatan. Konsep suara hati adalah ajaran paling suci dalam agama Kristiani. The Oxford Dictionary of World Religion menyebut 'In the main forms og Christianity, conscience is the absolutely inviolable and sacrosanct center of the person as human as responsible for her or his decisions;. Konsep suara hati juga merupakan ajaran Hindu seperti yang dijelaskan oleh Swami Vivekandanda. Menurut Imam Abu al-Abbas, pendapat demikian adalah zindik dan kufur.
v. menjadikan logik sebagai sumber rujukan utama. Ini bertentangan dengan akidah Islam yang menetapkan bahawa Al-Quran dan As-Sunnah sebagai sumber rujukan utama.
vi. mengingkari mukjizat dan menganggapnya tidak dapat diterima oleh akal dan tidak sesuai dengan zaman sekarang yang serba logik. Mengingkari mukjizat adalah kufur dengan ijmak ulamak kerana ia bermakna mengingkari nas-nas Al-Quran dan Hadis Mutawatir yang mensabitkan mukjizat bagi para Nabi a.s .
vii. menggunakan Kod 19 rekaan Rasyad Khalifah untuk mentafsir Al-Quran. Rasyad Khalifah mengaku dirinya sebagai rasul dan membawa agama baru yang dinamakan 'submission'. Teori Kod 19 dianggap lebih tinggi daripada Al-Quran kerana mengikut teori ini, ayat-ayat Al-Quran perlu dibuang atau ditambah bagi menyesuaikan dengan Kod 19.
viii. menyamakan bacaan Al-Fatihah sebanyak 17 kali sehari oleh orang Islam dengan amalan Bushido oleh orang jepun yang berteraskan ajaran Buddha.
ix. mendakwa bahawa kekuatan luar biasa seperti mukjizat boleh berlaku melalui rumus Zero Mind Process (ZMP). Dengan rumusan ZMP ini, ESQ mengiaskan bahawa mukjizat Nabi Musa a.s diselamatkan daripada Fir'aun boleh juga berlaku kepada orang lain seperti yang berlaku kepada juru terbang Kapten Abdul Razak. Kefahaman mukjizat seperti ini, merupakan ajaran agama Hindu seperti yang diterangkan oleh Swami Vivekananda.
x. mentafsirkan makna kalimah syahadah dengan 'triple one'. Ini adalah tafsiran bidaah dan sesat. Dalam konteks akidah, 'triple one' digunakan oleh Kristian untuk menghuraikan konsep trinity. Buku 'Christianity For Dummies', ketika menghuraikan konsep ini menyatakan 'The Trinity: How 1+1+1 Equals 1. Christianity says that God is Trinity - one God expressed in three beings. The term trinity meands: three-oneness.
(b) mana-mana orang hendaklah menjauhi ajaran, pegangan dan fahaman sebagaimana yang dinyatakan dalam perenggan.
Bertarikh 10 Jun 2010 dan ditandatangani oleh Mufti wilayah persekutuan Malaysia, Datuk Hj. Wan Zahidi bin Wan Teh tanggal 10 Juni 2010. (mok/nrl)
Sumber : http://us.detiknews.com/read/2010/07...q-ary-ginanjar
Senin, 14 Juni 2010
Serangan Jantung, Perlu dikenali
Penyekit jantung merupakan penyebab kematian utama baik di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Kematian dapat dihindari bila masyarakat mengenal secara dini penyakit jantung koroner, khususnya pengenalan saat serangan jantung, penanganan di rumah, serta memilih layanan yang tepat bagi perawatan penyakit jantung. Untuk mengetahui bagaimana serangan penyakit jantung secara dini, gejala maupun penanganan awal serta penanganan paripurnanya maka RSUP Dr Sardjito akan mengadakan seminar jantung awam pada hari Sabtu, 24 Juli 2010.
Para pakar Jantung dari RSUP Dr Sardjito akan mengupas, cara memberikan pertolongan pertama terhadap seseorang yang terkena serangan jantung sampai langkah-langkah rehabilitasi apa saja yang diperlukan bagi penderita yang telah terkena serangan jantung.
Butet Kertarajasa pada seminar nanti juga akan berbagi pengalaman bagaimana terkena serangan jantung. Apalagi dengan di pandu oleh Heru Nugroho yang juga Presenter “Dokter kita” dari Jogja TV menjadikan seminar sehari ini akan lebih berbobot. Disamping butet, beberapa pakar Penyakit Jantung akan mengisi diantaranya dr. Irsad Andi Arsono,Sp.PD akan mengupas Gejala dan Pertolongan Awal Serangan Jantung. Sedang Dr. Nahar Taufiq,Sp.JP(K) akan mengupas Tindakan intervensi koroner perkutan pada serangan jantung dan pasca serangan jantung.
Untuk rehabilitasi pasca serangan jantung serta tindakan bedah pintas koroner pada serangan jantung, nara sumbernya masing-masing disampaikan oleh dr. Hasanah Mumpuni,Sp.PD dan dr. Supomo,SpB-KBTKV. PT Askes dalam seminar ini juga tak mau kalah ketinggalan, dengan memaparkan klaim pembiayaan bagi peserta Askes jika terkena penyakit jantung.
Seminar ini dimaksudkan sebagai edukasi bagi masyarakat akan bahayanya penyakit jantung, pesertanya dibatasi hanya 300 orang, dan terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mendaftar mulai sekarang di Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito di telpon 0274-520410 atau ke Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito telpon 0274-631011.
Para pakar Jantung dari RSUP Dr Sardjito akan mengupas, cara memberikan pertolongan pertama terhadap seseorang yang terkena serangan jantung sampai langkah-langkah rehabilitasi apa saja yang diperlukan bagi penderita yang telah terkena serangan jantung.
Butet Kertarajasa pada seminar nanti juga akan berbagi pengalaman bagaimana terkena serangan jantung. Apalagi dengan di pandu oleh Heru Nugroho yang juga Presenter “Dokter kita” dari Jogja TV menjadikan seminar sehari ini akan lebih berbobot. Disamping butet, beberapa pakar Penyakit Jantung akan mengisi diantaranya dr. Irsad Andi Arsono,Sp.PD akan mengupas Gejala dan Pertolongan Awal Serangan Jantung. Sedang Dr. Nahar Taufiq,Sp.JP(K) akan mengupas Tindakan intervensi koroner perkutan pada serangan jantung dan pasca serangan jantung.
Untuk rehabilitasi pasca serangan jantung serta tindakan bedah pintas koroner pada serangan jantung, nara sumbernya masing-masing disampaikan oleh dr. Hasanah Mumpuni,Sp.PD dan dr. Supomo,SpB-KBTKV. PT Askes dalam seminar ini juga tak mau kalah ketinggalan, dengan memaparkan klaim pembiayaan bagi peserta Askes jika terkena penyakit jantung.
Seminar ini dimaksudkan sebagai edukasi bagi masyarakat akan bahayanya penyakit jantung, pesertanya dibatasi hanya 300 orang, dan terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mendaftar mulai sekarang di Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito di telpon 0274-520410 atau ke Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito telpon 0274-631011.
Rabu, 09 Juni 2010
Mendisiplinkan Vs Menyebar Virus


Ini dia mesin absensi sidik jari tangan, mesin ini diberlakukan sejak 1 juni 2010 di seluruh sudut RSUP Dr Sardjito. Ada 7 titik mesin absensi, yang digunakan oleh sekitar 3000 orang setiap harinya. artinya bahwa satu titik mesin presensi rata-rata dipakai oleh sekitar 425 orang. dari sudut manfaat, mesin ini sangat bermanfaat bagi manajemen maupun karyawan khususnya dalam kedisiplinan kehadiran dan pulang, selain itu bisa dipakai untuk mengukur kinerja karyawan.
Namun dari itu semua, ada sisi lain yang perlu dicermati. yaitu mesin ini bisa menularkan berbagai virus yang masih menempel di tangan. bayangkan saja untuk satu mesin, yang menampung 425 orang jika dipakai oleh orang yang sedang terkena flu, dan orang tersebut habis "sisi" / membersihkan ingus tanpa cuci tangan maka apa yang terjadi ? resiko minimal 425 akan tertular flu. artinya RSUP Dr Sardjito bisa terkena flu massal.
Apa langkah yang tepat untuk menghindari segala resiko yang ada ? pertanyaan ini perlu dijawab dan dicarikan solusi, salah satunya adalah dengan menempatkan Alkohol 70 % disekitar mesin presensi. Langkah ini akan sedikit memberikan alternatif penyelesaiaan. atau kalau tidak bersegeralah cuci tangan dengan sabun sehabis melakukan presensi sidik jari.
Paling baik lagi jika ada pendapat dari Tim INOS untuk menganalisanya ?
Apakah Anda setuju ??? Kirimkan Komentar lebih lanjut...
Jagalah diri anda sendiri dengan baik supaya tetap sehat dan beraktifitas dengan prima...
salam sehat selalu.........
Baca Juga di http://www.bisnis5milyar.com/?id=lanjutkan
(Banu, 09 Juni 2010, Pukul 09.00 WIB)
Langganan:
Postingan (Atom)