Senin, 14 Juni 2010

Serangan Jantung, Perlu dikenali

Penyekit jantung merupakan penyebab kematian utama baik di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Kematian dapat dihindari bila masyarakat mengenal secara dini penyakit jantung koroner, khususnya pengenalan saat serangan jantung, penanganan di rumah, serta memilih layanan yang tepat bagi perawatan penyakit jantung. Untuk mengetahui bagaimana serangan penyakit jantung secara dini, gejala maupun penanganan awal serta penanganan paripurnanya maka RSUP Dr Sardjito akan mengadakan seminar jantung awam pada hari Sabtu, 24 Juli 2010.
Para pakar Jantung dari RSUP Dr Sardjito akan mengupas, cara memberikan pertolongan pertama terhadap seseorang yang terkena serangan jantung sampai langkah-langkah rehabilitasi apa saja yang diperlukan bagi penderita yang telah terkena serangan jantung.
Butet Kertarajasa pada seminar nanti juga akan berbagi pengalaman bagaimana terkena serangan jantung. Apalagi dengan di pandu oleh Heru Nugroho yang juga Presenter “Dokter kita” dari Jogja TV menjadikan seminar sehari ini akan lebih berbobot. Disamping butet, beberapa pakar Penyakit Jantung akan mengisi diantaranya dr. Irsad Andi Arsono,Sp.PD akan mengupas Gejala dan Pertolongan Awal Serangan Jantung. Sedang Dr. Nahar Taufiq,Sp.JP(K) akan mengupas Tindakan intervensi koroner perkutan pada serangan jantung dan pasca serangan jantung.
Untuk rehabilitasi pasca serangan jantung serta tindakan bedah pintas koroner pada serangan jantung, nara sumbernya masing-masing disampaikan oleh dr. Hasanah Mumpuni,Sp.PD dan dr. Supomo,SpB-KBTKV. PT Askes dalam seminar ini juga tak mau kalah ketinggalan, dengan memaparkan klaim pembiayaan bagi peserta Askes jika terkena penyakit jantung.
Seminar ini dimaksudkan sebagai edukasi bagi masyarakat akan bahayanya penyakit jantung, pesertanya dibatasi hanya 300 orang, dan terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mendaftar mulai sekarang di Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito di telpon 0274-520410 atau ke Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr Sardjito telpon 0274-631011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar